Wednesday, October 1, 2014

my department

oke terlebih dahulu saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya Zahrotul Mukarromah, saya adalah mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Malang, saya disini ngambil jurusan "Agribisnis",, alasan saya untuk ngambil jurusan ini adalah karna saya ingin menjadi orang yang sukses dan juga bermanfaat bagi orang lain, dan juga ingin mencari ilmu, belajar dan juga mencari hal baru tentang kuliah.... ini saya akan menceritakan tentang apa yang ada di agribisnis, terutama untuk prospek kerjanya


Peluang Kerja Lulusan Agribisnis



Saat memutuskan untuk memilih program atau jurusan kuliah, calon mahasiswa biasanya mempertimbangkan peluang kerja bagi lulusan program studi tersebut. Peluang kerja lulusan agribisnis sebetulnya sangat luas, baik di bidang pertanian maupun non pertanian. Di bidang pertanian terdapat peluang subsistem agribisnis yang meliputi subsistem pengadaan saprodi, subsistem usahatani, subsistem pengolahan, subsistem pemasaran sampai subsistem jasa dan penunjang. Pendeknya dari hulu ke hilir pertanian. Saprodi (sarana produksi) pertanian meliputi sub-sektor tanaman pangan (food crops), sub-sektor hortikultura (horticulture), sub-sektor peternakan (livestock) dan sub-sektor perkebunan (estate crops).
Beberapa peluang kerja lulusan, baik di bidang pertanian maupun non pertanian adalah:
  1. Field Manager, Estate Manager, General Manager di perusahaan pertanian atau non pertanian yang relevan
  2. Entrepreneur atau wirausaha di bidang pertanian (hulu-hilir) dan non pertanian
  3. Advertisement & Marketing Officer di perusahaan pertanian atau non pertanian
  4. Finance & Accounting Officer di perusahaan pertanian atau non pertanian
  5. Community Development Specialist & CSR Manager di perusahaan pertanian atau non pertanian, institusi pemerintah, LSM atau institusi internasional
  6. Agribusiness Researcher & Planner baik di institusi pemerintah maupun swasta, nasional maupun multinasional (termasuk dosen)
  7. Agribusiness Consultant, Assesor, Evaluator di insitusi pemerintah maupun swasta
Banyak institusi yang mempekerjakan lulusan agribisnis karena biasanya paham dengan kondisi bidang pertanian, karakteristik petani, karakteristik bidang pertanian. Beberapa insitusi yang membutuhkan lulusan agribisnis adalah:
  1. Kementrian (Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Perindustrian, Perdagangan, UKM & Koperasi, Pariwisata & Ekonomi Kreatif, BAPPENAS, Daerah Tertinggal)
  2. Institusi Keuangan (Bank, Pegadaian, Asuransi, Leasing, Dana Pensiun)
  3. Institusi Pendidikan (Akademi, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas)
  4. Instansi Pemerintah Daerah (Dinas Pertanian & Peternakan, Dinas Kelautan & Perikanan, Dinas Kehutanan & Perkebunan, Dinas Koperasi, Perindustrian & Perdagangan, Kantor Ketahanan Pangan, Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Kantor Penyuluhan Pertanian, Balai Benih)
  5. LSM atau NGO yang memiliki konsentrasi bidang pemberdayaan masyarakat tani.
  6. Institusi Pertanian Internasional (FAO, IRRI, IFAD)
Melihat peluang karir di atas, jangan ragu lagi untuk memilih agribisnis sebagai tempat kuliah anda. Agribisnis UNSRIT dan anda akan bermitra untuk mempersiapkan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi anda.

Sumber : http://juniarabdillah33.wordpress.com/2013/08/22/peluang-kerja-lulusan-agribisnis/


No comments:

Post a Comment